Minggu, 02 Desember 2012

Komputasi Awan dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran

A. Pengertian
Komputasi awan (cloud computing) adalah sistem komputasi yang menempatkan sumber daya dan infrastruktur (misalnya: jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan) dalam jaringan yang dapat diakses melalui browser. Dalam sistem komputasi awan, informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) yang bisa berupa desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan bentuk-bentuk perangkat cerdas lainnya. Perangkat lunak berbasis web (web-based application)merupakan salah satu pemanfaatan infrastruktur komputasi awan. Layanan webmail (yakni layanan email yang diakses melalui web menggunakan browser, misalnya Yahoo!Mail dan GoogleMail) merupakan salah satu contoh perangkat lunak berbasis web yang hanya bisa diimplementasikan karena berkembangnya sistem komputasi awan.


Berdasarkan fungsinya, ada 3 tipe komputasi awan yang diimplementasikan saat ini, yakni:

Infrastruktur sebagai layanan (infrastructure as a service) yang juga disebut sebagai awan sumber daya (resource clouds) yang memberikan layanan penyediaan infrastruktur bagi pengguna. Beberapa jenis sumber daya dapat disediakan melalui layanan infrastruktur ini, misalnya: (a) awan data dan penyimpanan (data and storage cloud) yang memberikan akses ke data yang ukurannya berkembang dari wakti ke waktu. Contoh layanan awan sumber daya adalah yang disediakan oleh Amazon S3, SQL Azure ; (b) awan komputasi (compute clouds) yang memberikan akses ke sumber daya komputasi misalnya prosesor. Sejauh ini, sumber daya level rendah tidak dapat dieksploitasi secara bebas seperti mengunakan sumber daya yang disediakan sendiri, tetapi melalui teknik yang disebut virtualiasi. Penyedia layanan awan komputasi biasanya menawarkan kemampuan untuk menyediakan sumber daya komputasi yang dieksekuai melaluai aplikasi tertentu. Contoh pelayanan awan komputasi antara lain: Amazon EC2, Zimory, Elastichosts;


Platform sebagai layanan (platform as a service)memberikan sumber daya komputasi melalui platform di mana aplikasi dan layanan dapat dikembangkan dan diinangi (hosted). Platform sebagai layanan biasanya menggunakan application programming interface (API) khusus bagi pelanggan untuk mengendalikan server inang yang mengeksekusi dan mereplikasi eksekusi berdasarkan permintaan pelanggan. Contoh implementasi platform sebagai layanan adalah Force.com, Google App Engine, Windows Azure (Platform).

Perangkat lunak sebagai layanan (software as service), yang juga disebut sebagai awan layanan atau awan aplikasi, menawarkan implementasi fungsi atau proses tertentu, misalnya memberikan layanan atau aplikasi yang memanfaatkan infrastruktur atau platform. Ini tentu harus dibedakan dari memberikan kebebasan menggunakan platform itu sendiri (yang ini adalah domain infrastructure as a service). Pada umumnya, jenis-jenis aplikasi standar ditawarkan melalui awan layanan ini. Contoh awan layanan adalah Google Docs, Zoho Office, Salesforce CRM, SAP Business by Design, dan sebagainya.

Dalam makalah ini, fokus bahasan adalah pada pemanfaatan komputasi awan dalam pembelajaran. Kebanyakan pemanfaatan komputasi awan dalam pembelajaran adalah pada domain perangkat lunak sebagai layanan, meskipun tipe-tipe lain juga potensial dimanfaatkan terutama pada level institusi penyelenggara pembelajaran.

B. Perangkat Lunak sebagai Layanan dalam Komputasi Awan
1. Webmail dan Groups/Forum
Webmail merupakan aplikasi atau perangkat lunak paling populer dan paling banyak digunakan. Orang, terutama pendidik, belum bisa dikatakan ‘celik komputer’ (computer literate) apabila dia belum memiliki email account dan menggunakannya untuk keperluan komunikasi personal maupun formal. Meskipun SMS (short message service) juga merupakan sarana komunikasi modern yang lebih populer dan lebih banyak digunakan oleh hampir semua kalangan, SMS tidak memiliki kemampuan seperti webmail yang mampu mengirimkan lampiran (attachment) berupa file-file elektronik. Webmail digunakan juga sebagai pengganti identitas seseorang di Internet. Pendaftaran berbagai layanan di Internet, terlebih-lebih layanan yang bebas biasa (free of charge), pada umumnya mensyaratkan pemilikan email account untuk pengiriman kode verifikasi. Webmail yang populer dan banyak digunakan oleh komunitas pengguna Internet adalah YahooMail!, GoogleMail, dan Hotmail.

Groups atau forum adalah layanan diskusi online. Diskusi pada groups (misalnya Yahoo!Groups atau GoogleGroups) merupakan diskusi berbasis teks yang menggunakan email account sebagai identitasnya. Groups merupakan komunikasi yang bersifat asinkron artinya para komunikan tidak perlu berada di depan komputer menjalankan program yang sama pada saat yang sama. Sebaliknya chat merupakan bentuk komunikasi sinkron. Pengguna yang melakukan chat harus berada di depan komputer dan menjalankan program yang sama pada saat yang sama.

Dalam pembelajaran, email dan groups dapat digunakan sebagai sarana berinteraksi antara guru dan siswa serta antar siswa. Interaksi merupakan aktivitas yang mutlak dilakukan dalam pembelajaran (aktivitas pembelajaran lainnya adalah presentasi dan evaluasi). Groups yang populer dan banyak digunakan adalah YahooGroups dan GoogleGroups.

Interaksi menggunakan email adalah cara interaksi paling kuno tetapi paling efektif dalam konteks komunikasi via Internet. Layanan push-mail yang makin populer akhir-akhir ini menjadikan interaksi via email bisa menjadi lebih efisien karena bisa langsung diterima oleh pengguna tanpa harus mengakses layanan via browser terlebih dahulu. Saat ini, layanan push-mail merupakan layanan standar ponsel pintar (smartphone) BlackBerry, meskipun ponsel dengan platform Android juga menyediakan layanan push-mail untuk Gmail dan Hotmail, sementara iPhone dan iPod menyediakan layanan push-mail untuk Gmail, Yahoo!Mail, dan Hotmail. Beberapa platform ponsel pintar juga sedang mengembangkan layanan push-mail sehingga di masa mendatang layanan push-mail merupakan layanan ponsel standar. Di Jepang, push-mail merupakan layanan standar ponsel sejak tahun 2000.
2. Office Suite
Aplikasi online untuk Office Suite (yakni kelompok aplikasi yang minimal terdiri atas wordprocessor, spreadsheet, dan presentation slide) merupakan salah satu aplikasi penting untuk pembelajaran. Aplikasi Office Suite online ini merupakan alternatif bagi aplikasi office suite stand alone. Tren pemanfaatan komputer tablet menjadikan aplikasi online jenis ini menjadi penting, karena pada komputer tablet, sumber daya yang disediakan dalam perangkat relatif terbatas.
Beberapa contoh aplikasi Office Suite online ini adalah GoogleDocs (http://docs.google.com/) dan Zoho (http://zoho.com/)
Googledocs
Googledocs memberikan fasilitas layanan pengolahan naskah (wordprocessing) melalui Google Document, pengolahan angka (spreadsheet) melalui Google Spreadsheet, pengembangan slide presentasi (presentation) melalui Google Presentation, pengembangan form isian online melalui Google Form, pembuatan dan penyuntingan gambar melalui Google Drawing, dan beberapa lainnya.
Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Googledocs antara lain:
Google Documents
Fasilitas berikut ini diberikan oleh Google Documents:
  • Mengunggah (upload) dan konversi dokumen Microsoft Word, OpenOffice, RTF, HTML, text (.txt), Open Office (.odt), dan file StarOffice Writer (.sxw) atau membuat dokumen dari awal.
  • Memformat dokumen
  • Mengundang (melalui email) pengguna lain melihat atau menyunting dokumen
  • Berkolaborasi online secara real time dan bercakap (chat) dengan kolaborator
  • Melihat riwayat revisi dokumen dan kembali ke versi manapun
  • Mempublikasikan dokumen online sebagai halaman web atau memposkannya ke blog
  • Mengunduh dokumen ke dalam desktop sebagai Microsoft Word, OpenOffice, RTF, PDF, HTML atau zip
  • Mengemailkan dokumen sebagai lampiran (attachment)
Google Spreadsheets
  • Mengimpor dan mengkonversi data berformat .xls, .csv, .txt dan .ods
  • Mengekspor data berformat .xls, .csv, .txt dan .ods, dan file PDF dan HTML
  • Menggunakan penyuntingan formula untuk melakukan kalkulasi data dan pemformatan data agar tampilan laporannya lebih baik.
  • Bercakap (chat) dengan pengguna lain yang menyunting spreadsheet Anda
  • Membuat chat dan gadget
  • Meng-embed spreadsheet ke dalam blog atau website

Google Presentation
  • Menyunting dan berbagi slide presentasi dengan kolaborator
  • Mengimpor dan mengkonversi presentasi yang telah dibuat dengan tipe .ppt dan .pps
  • Mengunduh presentasi sebagai file PDF, PPT, atau TXT
  • Menyunting slide presentasi
  • Menyisipkan citra/gambar dan video dan memformat slide sesuai kebutuhan
  • Memungkinkan menyaksikan presentasi secara real-time, online, dan dari tempat yang berbeda-beda
  • Mempublikasi dan menempelkan (embed) presentasi ke dalam website sehingga dapat diakses audiens melalui jaringan Internet

Zoho
Zoho (http://www.zoho.com) menyediakan aplikasi online office suite standar ditambah aplikasi-aplikasi lain. Perangkat lunak pengolah naskah dilayani oleh Zoho Writer (http://writer.zoho.com), pengolah angka dilayani oleh Zoho Sheet (http://sheet.zoho.com), dan pengolah slide presentasi dilayani oleh Zoho Show (http://show.zoho.com).
Zoho Writer
  • Dokumen yang dibuat dapat di-share dan dikerjakan secara kolaboratif dan real time.
  • Mendukung akses offline artinya memungkinkan pengguna menyunting dokumen meski tidak sedang memiliki akses ke Internet. Sinkronisasi akan dilakukan setelah pengguna mengakses Internet.
  • Menyediakan layanan publikasi ke blog dengan layanan penyuntingan melalui editor WYSIWYG.
  • Mengunggah dari komputer desktop atau mengunduh ke komputer desktop maupun dari layanan lain misalnya Google Docs.
  • Format dan tampilan penyuntingan yang sama dengan hasil cetakannya.
  • Menyediakan juga pustaka template yang dapat digunakan untuk dokumen-dokumen yang sedang disunting.
Zoho Sheet
  • Proses membuat, menyunting, dan mengakses worksheet dari manapun asalkan ada akses Internet. Tidak diperlukan pemasangan program apapun (kecuali browser)
  • Dokumen worksheet yang dihasilkan bisa di-share ke sesama pengguna atau kolaborator.
  • Worksheet dapat disunting bersama (berkolaborasi) dengan pengguna lain secara simultan.
  • Dapat diimpor atau diekspor ke file Excel dengan cara copy-n-paste.
  • Dapat memanfaatkan makro VBA maupun Pivot Tables
Zoho Show
  • Proses membuat, menyunting, dan mengakses slide presentasi dari manapun asalkan ada akses Internet. Tidak diperlukan pemasangan program apapun (kecuali browser)
  • Dokumen slide presentasi yang dihasilkan bisa di-share ke sesama pengguna atau kolaborator.
  • Menyediakan fasilitas presentasi secara online dan real time.
  • Menyediakan fasilitas untuk menempelkan (embed) slide presentasi ke dalam blog maupun website.
  • Aplikasi lain dapat ditemukan pada halaman awal Zoho di http://www.zoho.com/
3. Fasilitas penyimpanan file online (online storage)
Penyimpanan file online adalah fasilitas yang disediakan oleh komputer server untuk menginangi (hosted) file dalam berbagai format. Fasilitas ini memungkinkan file disimpan pada sebuah folder di komputer server dan diberi alamat URL sehingga bisa di-share kepada pengguna lain yang diinginkan. Komputer inang ada yang memiliki fasilitas pencarian, sehingga file-file yang dinyatakan sebagai file publik (artinya di-share oleh penggunanya) dapat dicari melalui antarmuka pencarian.

Penyimpanan online merupakan alternatif yang efisien untuk mengirimkan file kepada pengguna lain. Alih-alih menempelkannya ke dalam email sebagai attachment, Anda dapat menempatkannya ke dalam online storage, dan memberikan link alamat URL-nya kepada orang yang Anda kirimi file tersebut. Bila Anda ingin agar file tersebut hanya dapat dibaca oleh orang yang Anda maksudkan tetapi layanan online storage tidak menyediakan fasilitas itu, Anda dapat memberikan kata sandi saat menyimpan atau memampatkannya (zipping/compressing) dan mengirimkan kata sandinya melalui email.
Beberapa layanan online storage adalah sebagai berikut.

4shared
Situs 4shared (http://4shared.com) adalah situs online storage yang memungkinkan pengguna menyimpan dokumen, audio, video, gambar, foto, maupun file digital jenis lainnya dan membagikannya (bila mau) kepada orang lain. Situs 4shared memungkinkan untuk dibagi atau tidak tergantung keinginan orang yang penyimpannya. Situs 4shared ini menyediakan fasilitas penyimpanan sebesar 10GB untuk file dokumen (doc, txt, pdf, rtf, xls), musik (mp3, ogg, wav, mid), video (avi, mpg, mpeg), atau gambar (jpg, gif, bmp, png).

Skydrive
Skydrive (http://skydrive.live.com) adalah layanan online storage yang disediakan oleh Microsoft. Fasilitas ini disatukan dengan layanan email milik Microsoft, yakni Hotmail. Pengguna layanan Hotmail secara otomatis mendapatkan fasilitas online storage sebesar 25GB.

4. Konverter online
Konverter online adalah layanan konversi file secara online. Anda tidak perlu memiliki program konversi file dalam komputer Anda. Cukup kunjungi alamat situs penyedia konverter online, upload file yang akan anda konversi (tentu saja ada batasan maksimal ukuran), pilih file hasil konversi, lalu tunggu beberapa saat. Anda akan mendapatkan file hasil konversi, baik yang dikirimkan langsung ke alamat email Anda atau dengan cara mengklik link yang disediakan untuk mendownload hasil konversi.
Zamzar
Zamzar (http://zamzar.com) menyediakan layanan konversi file . Berbagai jenis file dapat dikonversi dari satu format ke dalam format lainnya. File-file yang dapat dikonversi ke dalam format lain antara lain:
  • Format dokumen
  • Format gambar/citra
  • Format musik
  • Format video
  • Format e-Book
  • Format pemampatan (compressed)
  • Format CAD
Daftar format file yang dapat dikonversi dan format hasil konversinya dapat dilihat pada http://www.zamzar.com/conversionTypes.php

Online Converter
Online Converter (http://www.online-convert.com/) menyediakan layanan konversi berbagai jenis file. Setara dengan Zamzar, Online Converter ini memiliki kemampuan mengkonversi berbagai jenis format file, antara lain:
  • Format dokumen
  • Format gambar/citra
  • Format musik
  • Format video
  • Format e-Book
  • Format arsip atau pemampatan (compressed)
Halaman awal Online Converter menyediakan daftar format file yang dapat dikonversi dan hasil konversinya dalam bentuk menu drop-down list.

5. Fasilitas Blogging
Blog atau webblog adalah situs Internet (web site) yang memberikan layanan publikasi tulisan di Internet dalam format kronologis, artinya tulisan disusun berdasarkan tanggal atau waktu penulisan. Semula, blog adalah layanan publikasi jurnal atau buku harian, namun saat ini banyak digunakan untuk mempublikasikan tulisan apapun, termasuk bahan ajar, karena kemudahan menggunakannya. Tersedia banyak layanan yang menyediakan fasilitas blogging. Yang populer adalah Wordpress (http://wordpress.com) dan Blogspot (http://blogspot.com).

C. Implementasi Komputasi Awan dalam Pembelajaran
Bila dipahami bahwa pembelajaran meliputi aktivitas presentasi, interaksi, dan evaluasi, maka sesungguhnya fasilitas gratis yang disediakan oleh berbagai situs di Internet dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran agar berlangsung kapan saja dan di mana saja, sebagai komplemen pembelajaran tatap muka. Skenario pembelajaran berbantuan fasilitas gratis dari Internet dapat dibayangkan sebagai berikut.
Presentasi, menggunakan layanan blog atau situs gratis yang disediakan gratis, misalnya http://blogspot.com atau http://sites.google.com dan diintegrasikan dengan layanan online storage untuk menyimpan file bahan ajar. Bila diperlukan, bahan ajar dapat dikembangkan pula dengan fasilitas online office suite dan online converter.

Interaksi, menggunakan layanan mailing list atau groups untuk berkomunikasi dalam rangka pembelajaran. Pesan-pesan yang disampaikan dalam groups dapat dikaitkan dengan artikel-artikel dalam blog atau situs yang dibangun untuk pembelajaran.

Evaluasi, dapat dilakukan dengan memanfaatkan groups (untuk mengirimkan pertanyaan atau tugas) dan email personal (untuk menerima tugas masing-masing siswa). Bila dikehendaki pemberian dan pengerjaan tugas secara online, salah satu layanan yang dapat digunakan adalah Google Form yang merupakan bagian dari GoogleDocs.

Yang diperlukan guru adalah kreativitas pemanfaatan fasilitas-fasilitas gratis tersebut di atas dan ketekunan untuk mempelajari cara menggunakannya. Layanan-layanan baru senantiasa bermunculan, meskipun arahnya lebih untuk aplikasi bisnis, namun dapat dimanfaatkan juga untuk memfasilitasi proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar